Cara mengatur halaman default di IIS



Sebelum mengatur halaman default di IIS, kita harus mengetahui apa itu IIS?. IIS merupakan singkatan dari Internet Information Services, aplikasi perangkat lunak web server dan set fitur modul ekstensi yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan dengan Microsoft Windows [2] IIS 7.5 mendukung HTTP, HTTPS, FTP, FTPS, SMTP dan NNTP. Ini merupakan bagian integral dari keluarga Windows Server produk (dan rekan-rekan klien mereka dalam kasus Windows NT 4.0 dan Windows 2000), serta edisi tertentu dari Windows XP, Windows Vista dan Windows 7. IIS tidak diaktifkan secara default ketika Windows diinstal. IIS Manager diakses melalui Microsoft Management Console atau Administrative Tools di Control Panel.

Untuk menjalankan IIS, kita harus login ke server dahulu. Setelah masuk ke server, jalankan program menggunakan “RUN” dengan mengetikan “inetmgr”. Setelah dijalankan akan mucul tampilan seperti ini.


Sebelumnya telah disiapkan sebuah web yang aktif contohnya adalah selangseling.net. Web ini mempunyai halaman pertama nya adalah “index.html”.


Sekarang kita akan mengganti dengan “Default.html”.
Cara nya adalah denga buka folder root  seperti tampilan seperti ini.


Klik kanan file “index.html” dan ganti namanya dengan “default.html”. Setelah selesai coba di run di browser. Apakah dia error??...



Jika terjadi error, sebetulnya ada yang belum kita konfigurasi di IIS, double klik site “selangseling.net” pada menu di sebelah kiri. Kemudian pilih “Default Decument”.


Pilih menu add pada bar sebelah kanan. Dan isikan “default.html” kemudian klik ok.




Maka akan muncul halaman baru yaitu “default.html”


Setelah selesai maka jika di jalankan pada browser akan tampil dengan url http://selangseling.net/default.html

Untuk di Indonesia, IIS banyak digunakan dalam Hosting berbasis Windows. Salah satunya adalah jaringanhosting.com yang merupakan provider ASP.NET dan Windows hosting No #1 di Indonesia sesuai dengan rekomendasi dari pihak Microsoft. Microsoft memberikan rekomendasi ini berdasarkan pada beberapa persyaratan utama, yaitu: WebMatrix, WebDeploy, Visual Studio 2012, ASP.NET 4.5, ASP.NET MVC 4.0, Silverlight 5 and Visual Studio Lightswitch. Untuk keterangan lanjutan, silahkan klik disini!














0 comments:

Post a Comment