Cara Restore database di MSSQL



Setelah sebelumnya belajar cara backup database. Sekarang akan belajar tips untuk me restore database MSSQL. Untuk itu anda harus login terlebih dahulu. Klik kanan pada databases => new database. Isikan database name dengan nama database yang diinginkan. Setelah selesai pilih ok.




 
Gambar diatas merupakan cara me restore database dengan memilih klik kanan => task => restore => database.
 
Gambar diatas merupakan tampilan pada saat ingin me restore database. Isikan nama database baru yang akan di restore dengan database lama di To database. Pilih database yang sudah di back up sebelumnya dengan memilih From device dan browse. Jangan lupa men check list database nya.

Setelah itu pilih menu option, check list “overwrite the existing database (WITH REPLACE)”. Ganti yang ada di table “restore the database file as :”. Pada field restore as ganti “C:\Data\buku.mdf” dengan “C:\Data\new_db.mdf” dan ganti “C:\Data\buku_log.ldf”  dengan “C:\Data\new_db_log.ldf” . Klik Ok setelah selesai.

*ingat bahwa C:\Data merupakan directory dimana saya menyimpan database nya.


Jika selesai lihat perubahan pada MSSQL, database new_db sudah terbentuk  dengan berisikan table dari database yang kita backup sebelumnya



Sekian tutorial tentang restore database dengan MS SQL.
Terima Kasih

1 comments: