Zikula Hosting Tips - Bagaimana Cara Menginstall Zikula

Untuk menginstall Zikula secara manual, anda harus mendownload Zikula . Kemudian ekstrak dan upload ke folder root anda atau di subfolder di cpanel. Atau anda juga bisa menggunakan FTP Tools lewat FTP. 

Jika anda berada di server, anda harus memberikan "full access permissions" di folder "httpdocs" anda. Selain itu anda dapat memberi "full access permissions" di cpanel anda juga. 
*ini harus dilakukan, jika tidak maka akan muncul notif bahwa anda belum memberikan "access control".

Setelah anda memberikan akses kontrol, maka buatlah database MySQL di Cpanel anda. Isi dengan benar Database Name, Database Username dan Database Password.

Langkah selanjutnya adalah point ke browser anda dengan mengetikkan url dimana anda menyimpannya. Perhatikan!! karena saya menyimpannya langsung di root, tidak di subdomain maka saya langsung point ke"http://andry.yudha.com/install.php" tetapi jika saya menaruh di subfolder bernama "Zikula", maka yang harus saya point adalah "http://zikula.andry.yudha.com".


  • Langkah pertama adalah anda akan memilih bahasa instalasi. klik Next .

  • Langkah kedua, anda akan diberikan Persetujuan Lisensi, klik "Accept License"  untuk melanjutkan.

  • Langkah selanjutnya adalah pengecekan system requirement. Jika ada masalah anda akan segera diberitahu dengan munculnya notif. Jika semuanya benar maka klik Next .

* Jika anda tidak melihat hasil seperti ini, pstikan anda telah benar memberi "access permissions" pada folder root anda.
  • Isikan detail informasi database yang anda telah buat pada step sebelumnya.

* Ingat, untuk MySQL anda harus menset  Database Host nya adalah localhost.

Jika telah selesai klik next.
  • Tampilan selanjutnya anda akan memilih tipe instalasi. Ada dua buah tipe instalasi 
  1. Basic : hanya modul yang dibutuhkan untuk operasi dasar yang akan diinstall
  2. Complete : semua modul yang ada akan di install di system anda.


Klik next untuk melanjutkan
  • Langkah selanjutnya adalah anda akan mengisi detail informasi pada Zikula untuk admin account dan password. Isikan semua dengan benar dan jangan sampai lupa, setelah itu klik next.
  • Sekarang anda dapat memilih modul utnuk halaman awal. Sebenarnya ini bisa dilakukan pada halaman selanjutnya. Jika anda sudah siap, klik next.
  • Pada tahap ini, anda dapat memilih template awal web zikula anda. Jika telah selesai klik next.

Baiklah anda telah selesai menginstall Zikula pada Website anda.


Jika anda berminat mempunyai website sendiri dengan zikula, anda bisa menghostnya. Sekarang ini sedang marak host berbasis Windows Hosting. Di indonesia sendiri sudah menjadi sebuah pilihan jika akan menghost maka akan mencari hostingan murah. Jadi jangan ragu untuk memakai zikula sebagai CMS website anda. Terima kasih


Referensi : Zikula Installation




0 comments:

Post a Comment