Pengaruh Nama Domain Untuk Bisnis Kita

Seringkali terkadang kita kurang memperhatikan sebelum memilih nama domain untuk bisnis kita. Padahal nama domain adalah sesuatu yang sangat penting sebelum kita mulai memperkenalkan bisnis kita di internet. Nama domain dapat juga dikatakan sebagai identitas kita. Nama domain adalah sebuah alamat untuk bisnis kita. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips sebelum anda memilih nama domain untuk memperkenalkan bisnis anda di internet.


1. Nama domain mudah diketik
Carilah nama domain yang mudah untuk diketik. Faktor yang sangat penting untuk mensukseskan bisnis. Jika Anda menggunakan bahasa gaul atau kata-kata dengan beberapa ejaan (express vs xpress), mungkin lebih sulit bagi pengunjung untuk menemukan situs Anda.
2.  Nama domain tidak perlu panjang
Jika nama domain Anda panjang dan rumit, Resikonya pengunjung akan memiliki kesulitan ketika ingin mengakses website bisnis anda karena salah ketik atau salah mengeja. Pendek dan sederhana pemilihan yang sangat baik. 
3. Gunakan kata kunci
Gunakan kata kunci yang menjelaskan bisnis Anda dan layanan yang Anda tawarkan. Sebagai contoh; jika Anda seorang bisnis menjual sepatu, Anda mungkin ingin mendaftar sepatumu.com atau sepatumurah.com. Sertakan kata kunci yang orang masukkan ketika mencari produk atau jasa. Ini membantu meningkatkan peringkat Anda di search engine dan lebih memudahkan pelanggan Anda. 
4. Targetkan daerah anda
Jika bisnis Anda adalah bisnis lokal, pertimbangkan termasuk kota atau negara dalam nama domain Anda untuk membuatnya mudah diakses bagi pelanggan lokal untuk menemukan dan mengingat. Contoh: sepatuID.com.  
5. Hindari menggunakan angka dan tanda hubung
Angka dan tanda hubung sering disalahpahami - orang yang mendengar alamat website . Anda tidak tahu apakah Anda menggunakan angka (5) atau itu terbilang (lima) atau mereka salah atau lupa. Jika Anda membutuhkan angka atau tanda hubung di domain Anda, daftarkan variasi yang berbeda untuk menjadikan mudah diakses nantinya
6.  Mudah diingat
Ada jutaan nama domain terdaftar, sehingga memiliki domain yang mudah diingat adalah sesuatu yang sangat penting. Ketika Anda datang dengan sebuah nama, berbagi dengan teman-teman dekat untuk memastikan kedengarannya menarik dan masuk akal kepada orang lain. 
7. Lakukanlah riset sebelum memilih
Pastikan nama domain yanng anda pilih tidak bermerek dagang, hak cipta atau digunakan oleh perusahaan lain. Ini bisa mengakibatkan pelanggaran hukum yang bisa menghabiskan biaya yang banyak uang, serta domain Anda! 
8. Gunakan nama ektensi domain yang tepat
Ekstensi adalah akhiran, seperti COM atau NET, pada akhir alamat Web. Ini memiliki kegunaan tertentu, jadi pastikan untuk memilih satu yang tepat untuk bisnis Anda. COM adalah yang paling populer, digunakan untuk tujuan komersial. Tapi di sini ada beberapa ekstensi top lainnya dan bagaimana ektensi domain tersebut juga sering digunakan:  
com : singkatan untuk perusahaan, perdagangan, dan masyarakat 
.info: situs informasi 
.net: teknis, situs infrastruktur Internet 
.org: organisasi non-komersial dan non-profit 
.biz: bisnis atau komersial, seperti situs e-commerce 
.me: blog, resume atau situs pribadi 
9. Lindungi dan Bangun Merek Anda
Untuk melindungi merek Anda, Anda harus membeli berbagai ekstensi domain, serta versi salah eja nama domain Anda. Hal ini untuk mencegah pesaing mendaftarkan versi lain dan memastikan pelanggan Anda diarahkan ke situs web Anda, bahkan jika mereka salah ketik.  

Jadi, memilih nama domain adalah sesuatu yang sangat penting untuk membangun bisnis anda di internet. Lakukanlah beberapa tips diatas sebelum anda memilih nama domain.

Semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment