Tips-Tips WebMail - Cara Kerja Email di WebMail (SMARTERMAIL)

Sekarang akan saya bahas tentang cara kerja email. Bagaimana suatu email yang dikirim oleh seseorang kemudian kita terima  dan dapat dibaca. Biasa nya jika anda hosting disuatu penyedia layanan hosting , maka anda akan mendapat fitur webmail.

Baiklah sekarang saya akan menjadi admin webmail. Saya akan login terlebih dahulu.


Setelah login aka nada tampilan seperti ini, yaitu tampilan semua client yang menggunakan webmail ini. 


Okay, sekarang buka menu “All Message” , double klik dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini. “There are no items to show …” tulisan ini ada karena belum ada aktifitas kirim email. Jika ada email masuk maka akan dihandle terlebih dahulu disini.



Jika ada email masuk atau ada aktifitas pengiriman email dari client berupa email diterima atau di kirim maka akan seperti ini tampilannya.  Disitu terdapat Sender yaitu pengirimnya, Size yaitu ukurannya, Time in Spool merupakan waktu tunggu , Status yaitu keterangan dari email yang masuk di webmail dan Spool Path. Spool Path ini merupakan semacam lajur yang menangani email masuk nya. Jika ada email masuk atau keluar yang banyak maka anda di tangani oleh banyak SubSpool.


Kemudian setelah itu akan ada pengecekan apakah email yang masuk di webmail bersifat spam atau tidak. Jika Spam akan langsung di filter oleh webmail dan email tidak akan sampai.

Dibawah ini merupakan tampilan jika kita “check ” email yang ada kemudian kita pilih “View” yang ada di Menu bar atas. Maka akan ditampilkan detail message seperti ini.




Jika banyak email yang masuk atau keluar di webmail maka akan ada waktu tunggu untuk di kirim atau diterima. Tetapi jika tidak ada email, maka tampilannya seperti dibawah ini.







0 comments:

Post a Comment