TIPS-TIPS WEBMAIL - CARA KERJA EMAIL DI SERVER (SMARTERMAIL)

Postingan sebelumnya tentang cara kerja email di WebMail, sekarang akan dijelaskan bagaimana cara kerja sebuah email dalam lingkup server. Seperti biasa saya akan RDP terlebih dahulu ke sebuah server pada sebuah hosting.
Setelah itu buka C:\SmarterMail pada server yang sudah anda RDP.


Terdapat beberapa folder disini dan akan dibahas adalah Domain, Logs, Spool.
  • Domain

Berisi tentang semua client yang menggunakan SmarterMail. Jika salah satu client di klik maka akan ada informasi tentang users dan terdapat juga beberapa file xml yang merupakan tampilan dari WebMail user yang anda pilih.
  •  Logs 

Berisi tentang aktifitas aktifitas dari semua client yang menggunakan SmarterMail. Didalam folder nya terdapat banyak file yang sangat penting untuk dimengerti, tetapi kali ini hanya akan dibahas “popLog” dan “SmtpLog” .

Pada popLog, anda dapat melihat aktifitas client anda yang sedang mengirim email dan tentu saja anda juga bisa memonitor  apakah ada yang melakukan Spam di server anda atau tidak. Biasanya jika ukuran file nya besar, anda harus mengawasi  agar tidak ada spam. Tetapi kadangkala spam itu tidak bisa terdeteksi di popLog.

Pada SmtpLog merupakan sebuah file yang menunjukkan semua percakapan bolak-balik antara server selama email mengirim dan menerima proses. Selain dari popLog, bisa juga mengecek suatu indikasi Spam dari sini walaupun belum tentu aktifitas yang besar adalah Spam. Aktifitas disini berupa file dari PopLog atau SmtpLog berukuran besar.
  • Spool

Spool merupakan kanal atau jalur yang digunakan oleh email pada saat masuk ataupun pada saat keluar. Bisa dilihat aktifitas spool pada postingan sebelumnya.  Didalam folder Spool ini terdapat banyak Spool yang dimulai dari Subspool0 sampai Subspool9. Setiap email yang masuk maupun email yang keluar akan diatur oleh Spool-Spool tersebut.
Seperti ini tampilannya.







1 comments:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Cloud dedicated server murah.
    Inilah cara yang baik untuk mengetahui Cloud dedicated server indonesia.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Cloud dedicated server terbaik yang bisa anda kunjungi di Cloud dedicated server murah.



    Bercerita mengenai Cloud dedicated server terbaik dan Termurah. Adapun kriteria mengenai Cloud dedicated server indonesia dapat anda baca di artikel lainnya seperti jenis Cloud dedicated server , apa itu layanan dedicated server, serta cara mudah membuat Cloud dedicated server terbaik sendiri.
    Beberapa rekomendasi untuk cloud dedicated server terbaik dan termurah di Indonesia memang semakin marak di Search Engine Google. Dikarenakan artikel mengenai rekomendasi cloud dedicated server ini sedang mengalami peningkatan pencarian yang signifikan.
    Bagi pembaca yang sekali lagi masih penasaran tentang Cloud dedicated server indonesia dan termurah dapat membaca artikel Fauzi Online pada katergori Cloud Dedicated Server. Terimakasih

    IndoStreaming, Streaming TV Online Terlengkap
    http://www.hanivinside.net/2014/11/indostreaming-streaming-tv-online.html

    Metland Rumah Idaman Investasi Masa Depan
    http://www.hanivinside.net/2014/11/metland-rumah-idaman-masa-depan.html

    Cloud dedicated server murah http://www.hanivinside.net/2014/09/cloud-dedicated-server-terbaik-termurah.html
    Cloud dedicated server indonesia http://www.hanivinside.net/2014/09/cloud-dedicated-server-terbaik-termurah.html
    Cloud dedicated server terbaik http://www.hanivinside.net/2014/09/cloud-dedicated-server-terbaik-termurah.html

    ReplyDelete