TIPS-TIPS WEBMAIL - FITUR SMARTERMAIL (OPTION)


Setelah pada postingan sebelumnya membahas tentang cara kerja email di server maupun di webmail, sekarang akan dilanjutkan fitur dari SmarterMail pada sebuah penyedia hosting. Fitur yang dibahas adalah Tab "Option" pada SmartterMail. Jika anda sebagai admin SmarterMail (WebMail) dan anda men-tik (memilih) salah satu domain, maka anda akan masuk ke interface seperti dibawah ini.




Menu Option Pada WebMail
  • Name : Nama sebuah domain contoh “JaringanHosting.com”. Nama domain ini harus cocok dengan DNS server supaya bisa mengirim dan menerima email.
  • IP Address : IP Address disini bisa dipilih oleh admin WebMail. Jika dipilih bisa ditentukan IP yang mana yang bisa menerima dan mengirim email dari domain. Pengubahan pada IP disini tidak berdampak pada akses untuk login web anda, hanya berdampak pada SMTP, POP dan IMAP. IP Address ini harus cocok paling sedikit satu dari MX record pada DNS Server anda.
  • Folder Path : Ini adalah path dari direktori dimana semua informasi yang berkaitan dengan domain antara lain ( file XML, Statistik mail, Informasi dari alias domain, dan lain sebagainya). Jika direktori tidak ada maka dapat dibuat. Path ini harus tentu ada di dalam direktori SmarterMail.
  • Mail List Username : Ini adalah email address. List Serv command dapat mengirim melalui email.
  • Existing User : Merupakan user yang sudah ada untuk mengakses (biasanya user disini di enkripsi).
  • New User : Jika di cek maka akan membuat user baru.
  • Domain Administrator  Username : Masukkan Login Name untuk domain administrator (domain admin). Domain administrator biasanya pemilik dari domain atau teknikal admin. Domain administrator bertanggung jawab dalam menambah dan menghapus account email kemudian juga mengatur konfigurasi yang lebih spesifik untuk domainnya.
  • Domain Administrator Password : Masukkan password dari administrator untuk masuk SmarterMail.
  • Disable Domain : Mencek kotak akan menjadikan domain tidak berfungsi. Domain tidak akan bisa untuk mengirim dan menerima emal dan tidak ada seorang pun pengguna bisa masuk ke halaman web dari domain tersebut. Pilihan ini adalah cara yang tepat untuk sementara menonaktifkan domain tanpa menghapus.

Tunggu postingan selanjutnya tentang Technical, Features, Limit dan lainya. Terima kasih

0 comments:

Post a Comment